English Training: Penilaian Micro Teaching
Hello world! 😃
Kesempatan yang berharga buat saya bisa mengikuti English training programnya sekolah dengan fasilitator dari UKDW yaitu Bu Pepy dan Bu Arida. Program
ini dijadwalkan ada 10 pertemuan yang dimulai pada bulan Januari sampai April
setiap hari Jum’at. Diluar kendali manusia, ternyata pertemuan tatap muka pelatihan ini hanya sampai
pada pertemuan ke-7, Jum’at, 13 Maret 2020. Kenapa? Karena pandemic Covid-19 sehingga
aktivitas di sekolah dialihkan menjadi online learning. Padahal kurang 3
pertemuan lagi (27/3/20, 30-3/4/2020, dan 17/4/2020). Ya memang ini yang harus
kita lalui untuk keamanan dan keselamatan semua, maka diterapkan WFH (Work
From Home). 😔
Saya mau sedikit ceritakan hari terakhir English training ini, yaitu pada hari Jum’at, 13 Maret 2020 dengan topik pembelajarannya Teaching Demo
Part 1. Saya mendapat kesempatan untuk micro teaching di hari itu. Selain saya
ada 3 edukator lain yang praktik. Asal kalian tahu, saya deg-degan saat mau
micro teaching ini. Mau micro di depan edukator lain yang kemampuan bahasa
inggrisnya di atas saya, mereka sudah cas cis cus ngomong pake bahasa Inggris,
2 edukator ngajar English dan 1 edukator lulusan luar negeri. Beliau-beliau
praktik dengan topic masing-masing yaitu countable and uncountable noun,
menjelaskan tema pembelajaran development,
dan topik probability. Biasanya kalo
ngajar di depan siswa rasanya seneng, enjoy aja, dan tetep perlu menyiapkan
pembelajaran dengan matang. Dengan adanya micro
teaching ini, saya jadi banyak belajar dari beliau-beliau. 😄
Oh ya, micro teaching kali ini
saya mengambil topik surface area and
volume of cuboid. Sejak dari rumah, saya sudah mempersiapkan worksheet yang saya buat dan menyiapkan
alat dan bahan untuk pembelajaran yaitu kardus/wadah/box yang bentuknya balok
dan gunting. Buat apa tuh? Pembelajaran ini tujuannya menentukan rumus luas
permukaan dan volume balok. Jadi, kardus/wadah/box itu digunting oleh siswa
(pada praktik ini yang jadi siswa itu edukator lain) sehingga membentuk jarring-jaring
kubus. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tertulis di worksheet, didapatlah rumus luas
permukaan dan volume balok. 😎
Oke, saya share sedikit penilaian micro
teaching saya. Bukan untuk apa-apa, melainkan untuk mengingatkan bahwa saya harus selalu belajar untuk meningaktkan kemampuan saya.
Comments
Post a Comment