English Training: Penilaian Micro Teaching


Hello world! 😃

Kesempatan yang berharga buat saya bisa mengikuti English training programnya sekolah dengan fasilitator dari UKDW yaitu Bu Pepy dan Bu Arida. Program ini dijadwalkan ada 10 pertemuan yang dimulai pada bulan Januari sampai April setiap hari Jum’at. Diluar kendali manusia, ternyata pertemuan tatap muka pelatihan ini hanya sampai pada pertemuan ke-7, Jum’at, 13 Maret 2020. Kenapa? Karena pandemic Covid-19 sehingga aktivitas di sekolah dialihkan menjadi online learning. Padahal kurang 3 pertemuan lagi (27/3/20, 30-3/4/2020, dan 17/4/2020). Ya memang ini yang harus kita lalui untuk keamanan dan keselamatan semua, maka diterapkan WFH (Work From Home). 😔

Saya mau sedikit ceritakan hari terakhir English training ini, yaitu pada hari Jum’at, 13 Maret 2020 dengan topik pembelajarannya Teaching Demo Part 1. Saya mendapat kesempatan untuk micro teaching di hari itu. Selain saya ada 3 edukator lain yang praktik. Asal kalian tahu, saya deg-degan saat mau micro teaching ini. Mau micro di depan edukator lain yang kemampuan bahasa inggrisnya di atas saya, mereka sudah cas cis cus ngomong pake bahasa Inggris, 2 edukator ngajar English dan 1 edukator lulusan luar negeri. Beliau-beliau praktik dengan topic masing-masing yaitu  countable and uncountable noun, menjelaskan tema pembelajaran development, dan topik probability. Biasanya kalo ngajar di depan siswa rasanya seneng, enjoy aja, dan tetep perlu menyiapkan pembelajaran dengan matang. Dengan adanya micro teaching ini, saya jadi banyak belajar dari beliau-beliau. 😄

Oh ya, micro teaching kali ini saya mengambil topik surface area and volume of cuboid. Sejak dari rumah, saya sudah mempersiapkan worksheet yang saya buat dan menyiapkan alat dan bahan untuk pembelajaran yaitu kardus/wadah/box yang bentuknya balok dan gunting. Buat apa tuh? Pembelajaran ini tujuannya menentukan rumus luas permukaan dan volume balok. Jadi, kardus/wadah/box itu digunting oleh siswa (pada praktik ini yang jadi siswa itu edukator lain) sehingga membentuk jarring-jaring kubus. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tertulis di worksheet, didapatlah rumus luas permukaan dan volume balok. 😎

Oke, saya share sedikit penilaian micro teaching saya. Bukan untuk apa-apa, melainkan untuk mengingatkan bahwa saya harus selalu belajar untuk meningaktkan kemampuan saya.





Comments

Popular posts from this blog

My Pals

Ngerjain Soal dari Buku Mantappu Jiwa

Ikut Talkshow (Online) Memperingati Hardiknas